Selepas merilis album debut bertajuk Paseser, trio rock Madura, Lorjhu', kembali dengan single baru berjudul "Abhantal Ombak". Singel ini juga menandakan wajah baru dari Lorjhu’ yang dulunya adalah proyek solo dari Badrus Zeman, kini bertransformasi menjadi format full band yang beranggotakan Badrus Zeman (vokal/gitar), Insan Negara (bass), dan Gaharaiden Soetansyah (drum/perkusi). Singel ini juga menjadi rilisan pertama dan debut dari Bahasa Ibu Records (BIR) di kancah industri musik lokal. Abhantal Ombak dirilis pada 26 Mei 2023 bersamaan dengan video musik di kanal Youtube Lorjhuk Musik.

Secara harfiah, Abhantal Ombak berarti “berbantalkan ombak”. “Abhantal Ombak” menceritakan kisah perjalanan spiritual seorang pria dengan Yang Maha Kuasa. Dianalogikan kedalam aktivitas nelayan Madura yang hidup dan matinya mengandalkan lautan. Dalam lagu ini, Lorjhu’ ingin berbagi rasa tentang gairah seorang pria yang merindukan cinta dari ‘kekasih’ yang belum pernah dia temui dan tidak pernah dia kenal, tapi tetap saja cinta mereka melebihi segalanya.

Proses pembuatan lagu yang panjang dan sulit menjadi alasan mengapa Abhantal Ombak ini dipilih menjadi singel pertama dalam proyek album kedua mereka yang akan datang, Parenduan. “Trek ini melewati banyak proses, ada sedikit perubahan aransemen. Awalnya terdengar slow tapi kemudian berkembang menjadi lebih dinamis dengan sentuhan rock”, jelas Badrus Zeman, frontman Lorjhu’.

Video musik Abhantal Ombak menampilkan Lorjhu’ sedang tampil di atas perahu nelayan di Selat Madura sambil menaklukkan deburan ombak. Pengambilan gambar dilakukan di pulau Gili Pandan, sebuah pulau kosong yang tak berpenghuni. Video musik yang diproduksi secara mandiri ini mendapat bantuan dari Azmigaf sebagai DOP dan nelayan setempat untuk mengakses pulau tersebut.

“Abhantal Ombak” adalah rilisan debut dari Bahasa Ibu Records yang berdiri sejak 21 April 2023.

Total Price

Checkout